Friday 24 December 2010

tradisi Natal

Di negara-negara Eropa, saat merayakan Natal selalu menyertakan sajian tradisional dari kalkun. Tetapi seiring perkembangan zaman maka tradisi merayakan natal pun mulai berubah, sesuai selera dan kondisi masyarakat. Kini, tak hanya kalkun yang tersaji. Hingga sulit mengenali lagi sajian khas Natal dari setiap negara
Namun dari sebuah catatan yang dibuat tahun 1650 oleh pengelana bernama Sebastian Cabot masih dapat kita telusuri kebiasaan serta sajian makanan khas berbagai negara yang pernah dikunjunginya. Anda ingin tahu?
Australia
Berbeda dengan Eropa yang selalu menggambarkan Natal bersamaan dengan musim dingin, Natal di Australia terjadi saat musim panas. Tak heran jika masyarakatnya selalu merayakan Natal dengan berbagai kegiatan di luar ruangan. Permainan kriket yang dimulai sehari sesudah Natal dan perlombaan perahu dayung (yacht) dari Sydney ke Hobart; adalah dua acara olahraga penting yang diadakan setiap Natal. Seperti layaknya tradisi Natal di negara lain, masyarakat Australia juga kerap mengadakan jamuan makan bersama teman atau saudara. Mereka menyajikan barbecue untuk makan siang, dengan bahan berupa daging sapi, udang atau ayam. Sebagai sajian penutup tak ketinggalan selalu ada ice cream atau sorbet.
Republik Ceko
Makanan tradisional yang disajikan pada malam Natal di negara ini adalah sup ikan, salad telur dan kepiting. Masyarakat Ceko punya tradisi unik, saat duduk di meja makan masing-masing tamu dewasa yang duduk di meja bundar harus membawa pasangan. Jika tidak, maka dia harus "dibunuh" pada perayaan Natal berikutnya. Wah! Tapi ini adalah trik agar bagi yang single segera punya pasangan.
Venezuela
Di Venezuela anak-anak mendapatkan hadiah Natalnya pada tanggal 6 Januari, yaitu pada perayaan hari tiga orang Majus. Sebelum tidur, anak-anak menaruh jerami bagi unta-unta orang Majus, dan pada pagi harinya mereka akan menemukan hadiah dari orang Majus.
 
Finlandia
Puncak pesta Natal di negara ini adalah saat makan malam. Hidangan yang disajikan biasanya berupa casserole macaroni, rutabaga, wortel dan kentang yang dicampur ham atau daging kalkun kemudian diletakkan dalam nampan yang besar. Keesokan harinya barulah keluarga-keluarga di Finlandia berdoa ke makam leluhur, lalu berkunjung rumah sanak saudara.
Jerman
Bebek panggang adalah makanan favorit orang Jerman saat Natal. Disajikan bersama kentang, daun kol dan parsnip (sejenis umbi berbentuk mirip wortel tapi berwarna putih seperti lobak).
Italia
Makan siang saat perayaan natal adalah pesta yang paling asyik. Di meja jamuan setidaknya tersedia tujuh jenis makanan khas, seperti; antipasto, pasta, daging panggang, dua macam salad, dua macam puding manis, beberapa macam keju, aneka buah, brandy dan cokelat. Nyam…nyam….

SwediaSelalu dihidangkan aneka macam kerang, olahan daging babi, ikan hering yang disajikan mentah atau dibakar, caviar (telur ikan) aneka keju dan kacang cokelat.

Portugal
Makanan spesial Natal negara ini adalah codfish (sejenis ikan laut yang banyak mengandung minyak) yang direbus bersama dengan kentang kemudian dimakan beramai-ramai saat malam Natal.
Amerika
Pada jamuan natal tradisional masyarakat Amerika, masyarakat lebih suka menghidangkan daging angsa atau kalkun panggang dengan berbagai macam sayuran rebus dan selada. Jika jamuan makan dilaksanakan pada siang hari, squash atau minuman yang dibuat dari perasan jeruk tak pernah ketinggalan. Pie labu dihidangkan sebagai makanan penutup. 
Irlandia
Pada malam Natal di Irlandia, anak terkecil dalam keluarga akan menyalakan lilin dan meletakkannya pada jendela terbesar. Lilin itu akan dibiarkan menyala sepanjang malam untuk menerangi jalan bagi orang yang mencari tempat berteduh, seperti Maria dan Yusuf pada Natal pertama.
MeksikoMasyarakat Meksiko merayakan Natal dengan menggelar festival selama sembilan hari. Di setiap rumah akan terlihat boneka-boneka dari tanah liat yang digantung di atap rumah. Pinata, sebutan boneka ini, berisikan permen serta hadiah-hadiah natal yang menarik. Setiap tamu yang datang berkunjung untuk mengucapkan selamat natal berhak memilih boneka untuk dipecahkan dan hadiah di dalamnya akan menjadi miliknya.

No comments:

Post a Comment