Wednesday 4 May 2011

Inilah Kisah Masa Kecil Osama bin Laden

Bagaimana masa kecil Osama bin Laden? Pendidikan apa yang telah membentuknya hingga begitu benci pada Barat?

Osama kecil mendapat pendidikan Islam di bawah pengawasan ayahnya, Mohammed Awad bin Laden. Pendidikan umunya dilalui di Arab Saudi, berbeda dengan saudara-saudaranya yang seluruhnya mengenyam pendidikan barat.

Osama adalah anak yang kalem, tulis Craig Unger dalam buku House Of Bush, House Of Saud The Secret Relationship Between the World's Two Most Powerful Dynasties.

Tidak suka menonjokan diri, lebih tertutup dan hanya akan menjawab jika orangtuanya bertanya. Pembawaanya jauh berbeda dengan kakaknya, Salem bin Laden yang flamboyan, mungkin karena itulah dia yang mengambilalih bisnis Saudai Binladen Group sepeninggal ayahnya yang tewas saat jet pribadinya jatuh tahun 1986.

Sejak kecil Osama sudah memperlihatkan ketidakcocokan dengan budaya Barat. Itu terlihat saat dia dan puluhan saudara-saudaranya berkunjung ke Swedia, tempat keluarganya berbisnis dengan Volvo. Di sana ia terlihat tak bahagia.

Karena sikap antipatinya terhadap Barat, Osama memilih berpura pura tak mengerti bahasa Inggris, meski dia telah mendapatkan guru privat bahasa Inggris.

Walaupun keluarga bin Laden dekat dengan keluarga kerajaan Saudi, Osama, tak seperti saudaranya yang lain, memilih berteman dengan ulama ketimbang keluarga kerajaan.

Sebagai remaja, Osama juga pernah tergelincir. Semasa sekolah di sekolah menengah di Lebanon, diamana dia berlagak seperti layaknya orang kaya Arab dengan mobil mercy serta pakaian dengan rancangan ternama.

Tapi ia segera tobat setelah menunaikan ibadah haji tahun 1977. Di universitas King Abdul Azis, dia mulai bersentuhan dengan pemikiran Sayyid Qutb, tokoh intelektual Ikhwanul Muslimin, serta Sheikh Abdullah Azzam, motor gerakan jihad internasional yang pertama. [ram]
__________________

No comments:

Post a Comment